Review Buku MR. CRACK dari Parepare

Indah Primad | Bacaan 3 menit

Belajar Menjadi The Next Habibie


Cover buku Mr.Crack dari Parepare karya A. Makmur Makka
Cover buku MR.CRACK dari Parepare
Siapa itu BJ Habibie? Presiden RI ke-3, ilmuwan Indonesia yang mendunia, negarawan, guru besar, dan masih banyak lagi paggilan yang melekat pada beliau.

Saya termasuk anak Indonesia yang mengagumi beliau. Awalnya saya tertarik dengan kisah beliau melalui filmnya Habibie&Ainun. Film tersebut umumnya menggambarkan kisah cinta beliau dengan Almh. Bu Ainun, tapi saya mulai menemukan karakter yang unik dari beliau, yaitu cita- cita besar untuk Indonesia. 
Selanjutnya saya menemukan buku karangan beliau Habibie&Ainun dan benar saya lebih mengenal beliau lewat karya tulisnya ini. Ternyata telah banyak buku- buku tentang beliau, baik otobiografi, pemikiran beliau, hingga biografi,  salah satunya Mr. Crack dari Parepare.

Isi Buku

Buku Mr. Crack dari Parepare yang ditulis A. Makmur Makka. Buku ini menjelaskan dengan detail kisah hidup beliau, silsilah keluarga, visi hidup dan cita- cita beliau, serta nasihat- nasihat beliau.
Bacharudin Jusuf Habibie, nama kecilnya Rudy. Beliau lahir di Parepare, Sulawesi Selatan, pada 25 Juni 1936. Beliau adalah pertemuan dua genetik intelegensia dari ayah, Alwi Abdul Djalil Habibie, dan ibu, R.A Tuti Marini Puspowardojo. 
Hidup beliau ternyata penuh lika liku, air mata, dan perjuangan. Tapi beliau orang yang pantang menyerah dengan keadaan dan terus meng-upgrade diri. Ada salah satu kisah yang berkesan tentang kesungguhan tekad beliau mengambi pada ibu pertiwi. Kisah ini ditulis di buku ini dan diceritakan kembali di film sequel Habibbie&Ainun, Rudy Habibie. Saat itu beliau terbaring kritis karena terserang penyakit TB. Beliau menulis di selembar kertas dengan tekad beliau untuk bersumpah pulang ke Indonesia untuk membangun ibu pertiwi. 

Beliau adalah Ilmuwan cerdas yang namanya mendunia. Gelar Mr. Crack yang menjadi judul buku ini merupakan pujian atas penemuan beliau tentang teori retakan pada kontruksi pesawat terbang. Walau sudah mendapat profesi berkelas di perusahaan pesawat terbang Jerman, beliau tetap pulang saat dipanggil presiden. Beliau mendedikasikan kehidupan beliau untuk membangun bangsa dan beliau tidak hidup setengah- setengah.

Memaknai Literasi

Ternyata negara ini masih memiliki orang- orang hebat, tidak ada alasan untuk menyerah dan pesimis. Negara ini masih memiliki harapan untuk maju. Keyakinan ini yang saya dapat dari perjalanan hidup Eyang (panggilan Bapak B.J. Habibie). Walau banyak orang yang merendahkan mimipi- mimpi beliau, beliau tidak menghiraukan dan tetap fokus pada cita- cita beliau. Eyang adalah seorang pemimpin yang didambakan negeri, disaat orang-orang hari ini berkejaran merebut kekuasaan, kita hendaknya kembali berkaca pada perjuangan Eyang yang berorientasi menjadi manusia yang berorientasi dunia dan akhirat.

Banyak hal yang bisa kita dapatkan dari halaman demi halaman buku Mr.  Crack dari Parepare. Biografi yang kaya akan pelajaran hidup dengan sumber- sumber yang menguatkan. 
Saya setuju dengan pernyataan bahwa buku adalah jendala dunia. Buku biografi ibarat jendala yang dibuka sehingga kita bisa melihat ke dalam isi rumah. Eyang adalah orang yang suka membaca. Tidak ada salahnya kita membaca, sedikit demi sedikit hingga menjadi kebiasaan yang baik. Mari membaca buku untuk membangun bangsa.


Dari buku ‘ Mr. Crack dari Parepare ’ ditulis A.  Makmur Makka, 2018.
Penerbit: Republika.
Halaman: xxii +493


Posting Komentar

0 Komentar