Siap Berubah dari Malas Menjadi Hobi Baca

Kenapa membaca itu penting?

Seseorang sedang membaca buku
Membaca Yuk!

" Saya hobi baca kok, baca postingan di medsos..hehe.." 
Guyonan yang sering kita dengar saat ditanya ada yang hobi baca. Alhamdulillah kalau isi postingan yang dibaca berfaedah, tapi kalau status hati si dia, ehm. Dari pada sekedar baca status, saatnya kita mulai naikin level baca kita ke bacaan yang berfaedah. Tapi kenapa kita membaca? 


Tipe-tipe motivasi orang membaca


1. Membaca karena suka dan hobi

Tipe ini adalah mereka yang suka baca, dan menjadikan kegiatan membaca adalah hobi. Bagaimana cara menjadi seorang yang hobi baca? mulailah dari bacaan yang menarik buat kamu. Misal fiksi, komik, majalah atau ensiklopedia bergambar. Biasanya bakal kecanduan baca sama buku yang nyantol di hati.

2. Membaca menjadi kebutuhan

Kebutuhan informasi adalah alasan tepat untuk membaca. Misalkan tugas yang membutuhkan penguatan argumen dari penelitian yang pernah ada akan mendorong kamu untuk membaca jurnal (pengalaman pribadi). Saat kamu butuh informasi terbaru tentang suatu peristiwa, portal koran online tepat untuk jadi pilihan kamu. 


3. Membaca untuk update

Poin ini kelanjutan dari poin dua. Hukumnya mengikuti hukum alam. Saat semakin banyak informasi yang kamu tahu, maka lebih banya informasi yang bisa kamu bagi. Update informasi yang kamu tahu dan bagikan di media sosial kamu, sehingga konten medsos kamu lebih kaya ilmu.

4. Membaca untuk meningkatkan kapasitas diri
Saya pernah menemukan sebuah pesan yang menarik, "Kamu adalah apa yang kamu baca". Apakah kamu setuju? 
Membaca akan membuka pengetahuan baru, menambah ceritamu. Menyerap informasi dari bacaan akan mengaktifkan sinaps (hubungan) sel-sel otakmu. Dari membaca kamu menjadi lebih kaya informasi untuk menyelesaikan masalah, membuat hal-hal kreatif, dan menjalin hubungan. Bahkan membaca juga baik untuk kesehatan mental. 
Singkatnya, apa yang kamu konsumsi akan merubah pola pikir kamu secara tidak langsung. 

Dari hasil bacaanmu, kamu bisa berbagi hal-hal positif ke lebih banyak orang. 
Perkaya status medsosmu dengan konten informatif, jadi yang mampir ke akunmu juga dapat manfaat.
Kamu tipe yang mana nih?

Yuk mulai membaca untuk menambah ilmu dari buku, si jendela dunia. Bayangkan jendela kamar yang tertutup dan tidak pernah dibuka, kamar itu akan pengap dan gelap. Ini saatnya kita membuka jendela ilmu kita selebar-lebarnya dan membiarkan udara segar serta cahaya mengisi pemikiran dan hidup kita. 


dari berbagai sumber
#BacaBukuItuKeren

Posting Komentar

0 Komentar