5 Manfaat Jadikan Jalan Kaki sebagai Hobi

Seorang perempuan tersenyum saat berjalan kaki untuk menjaga kesehatannya
Manfaat jalan kaki untuk kesehatan - photo by Maridav/Canva

Walau sering dianggap remeh, jalan kaki memiliki banyak manfaat, terutama untuk menjaga kesehatan tubuh kamu. Di 2024 ini, aku menemukan hobi baru, berjalan kaki. Ternyata hobi ini bisa jadi investasi kesehatan jangka panjang.

Harvard Medical School merangkum beberapa hasil penelitian yang telah membuktikan manfaat jalan kaki. Ternyata jalan kaki punya segudang manfaat ini lho!


1. Mencegah resiko kanker payudara. 


Berjalan 7 jam atau lebih setiap minggunya mengurangi 14% resiko terkena kanker payudara. Jika dibandingkan dengan perempuan yang hanya berjalan kaki kurang dari 3 jam dalam seminggu. 

American Cancer Society membuktikan penelitian ini juga berlaku untuk perempuan yang memiliki resiko tinggi terhadap kanker payudara, seperti obesitas dan pengguna terapi hormon tambahan.

Tahukah kamu, di Indonesia kanker payudara adalah jenis kanker dengan penderita terbanyak. Menurut Globocon pada 2020, kanker payudara di Indoensia tercatat lebih dari 68 ribu kasus atau 16.6% dari total kasus kanker.*

Dengan mengkampanyekan pola hidup sehat dan berjalan kaki, semoga angka kasus kanker payudara akan semakin rendah. 

2. Mencegah obesitas

Obesitas dipengaruhi oleh gen di dalam sel, atau dikenal dengan nama gen pendorong obesitas (obesity-promoting gene). Terdapat 32 gen pendorong obesitas yang sudah dikenali peneliti.

Cara mengendalikan gen pendorong obesitas adalah dengan berjalan kaki setidaknya 1 jam sehari. Secara konsisten hasilnya efek gen pendorong obesitas dapat dikurangi hingga 50%. 


3. Obat nyeri sendi 

Kamu milenial dan Gen Z yang kadang encok dan nyeri sendi? 
Mungkin bisa nih memulai kebiasaan jalan kaki. 

Nyeri sendi bisa jadi adalah salah satu gejala arthritis, penyakit sendi yang semakin memburuk seiring bertambahnya usia. 
Penelitian menunjukan bahwa dengan berjalan kaki 8 - 10 km akan memperkuat otot-otot lutut dan panggul. 

4. Memperkuat imun dari virus flu dan batuk

Ternyata berjalan kaki bisa memperkuat sistem imun juga sobatDari 1000 perempuan dan laki-laki yang melakukan tes, mereka yang berjalan kaki minimal 20 menit sehari, selama 5 hari dalam seminggu, memiliki resiko 43% lebih rendah untuk terserang penyakit flu dan batuk. Kalaupun sakit, gejalanya tidak parah dan akan pulih lebih cepat.

5. Mengurangi konsumsi yang manis-manis 

Pernah dengar istilah sweet tooth
Sweet tooth atau keinginan untuk mengonsumsi makanan manis. 

Sebenarnya makan makanan manis tentu tidak salah, tapi jika berlebihan akan banyak menimbulkan resiko penyakit, seperti gigi berlubang.

Tim peneliti dari Universitas Exter menemukan 15 menit berjalan kaki dapat mengurang keinginan untuk makan cokelat, termasuk keinginan yang berlebihan saat sedang stres.


Nah, apakah kamu tertarik menjadikan jalan kaki sebagai kebiasaan baik? Semoga kamu jadi semakin sehat setelah membiasakan jalan kaki.

*dikutip dari situs Kemenkes data 2020 (note: belum ditemukan update data terbaru untuk 2023). 

Posting Komentar

0 Komentar